Home » , , » PERBADAAN DAN PERSAMAAN ANTARA PANCASILA DAN LIBERALISME

PERBADAAN DAN PERSAMAAN ANTARA PANCASILA DAN LIBERALISME

Written By Mamap Ismy on Rabu, 10 Oktober 2012 | 11.07


Pancasila merupakan idelogi dasar yang dianut oleh bangsa Indonesia yang didalamnya terdapat lima sila sebagai dasar hukum negara Indonesia. Dari sila-sila tersebutlah Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unik.
Sedangkan Liberalisme adalah suatu ideology yang sangat mementingkan kebebasan dalam kehidupan bernegara. Tidak ada batasan kebebasan dalam bangsa yang menganut liberalisme.
Ideology Pancasila memiliki persamaan dengan ideology Liberalisme, yaitu dalam hal demokrasi. Dua-duanya sangat mernghargai kebebasan dalam hal mengemukakan pendapat dari setiap orang dan keduanya menjunjung tinggi musyawarah sebagai cara untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan baik.
Sedangkan perbedaannya banyak sekali, salah satunya adalah dalam hal ke-Tuhanan. Liberalisme tidak ingin dibatasi oleh apapun bahkan agama, jadi mereka adalah orang yang sangat bebas, berbeda dengan Pancasila yang menghormati dan berada dibawah hukum agama masing-masing orang.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe me

Subscribe via RSS Feed Jika anda menyukai artikel ini cukup Klik disini, atau mulai berlangganan untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.


 
Support : Mas Kolis | Ichin Xtwo | Cara Gampang
Copyright © 2013. | - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Ichin Xtwo
Proudly powered by Blogger